PEMERINTAHAN PERISTIWA

Penilaian Selesai, Lomba Desa Masuk Tahap Penentuan Pemenang

Jember – Penilaian tiga lomba yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Jember berakhir Rabu, 9 Maret 2022.

Ketiga lomba itu yakni lomba desa/kelurahan, lomba 10 program pokok PKK, dan lomba gotong royong.

“Setelah kami berkunjung di 31 kecamatan, penilaian berakhir hari ini. Tahapan selanjutnya adalah seleksi untuk menentukan nominasi pemenang,” ungkap Kepala DPMD Jember Adi Wijaya.

Baca juga DPMD Jember Mulai Verifikasi untuk Penilaian Lomba Desa

Tim selanjutnya akan memilih 6 desa dan 3 kelurahan sebagai pemenang lomba desa/kelurahan dan lomba PKK. Dua lomba ini menjadi satu paket.

Sementara untuk lomba gotong royong, tim akan menentukan nominasi secara terpisah. Meski jumlahnya sama, yakni 6 desa dan 3 kelurahan.

Penentuan nominasi pemenang tersebut dijadwalkan pada 11 Maret 2022.

Setelah terpilih, nominator harus mengikuti tahap paparan di hadapan tim.

Paparan lomba desa/kelurahan akan dilakukan oleh lurah maupun kepala desa. Lomba 10 program pokok PKK akan dipaparkan oleh Ketua PKK desa/kelurahan.

Sedangkan lomba gotong royong akan dipaparkan oleh ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Adi menjelaskan, dari paparan tersebut akan dipilih tiga terbaik. Tiga terbaik lomba desa dan PKK serta tiga terbaik lomba kelurahan dan PKK.

Juga tiga terbaik lomba gotong royong di desa dan tiga terbaik lomba gotong royong di kelurahan.

Masing-masing peringkat pertama akan mewakili Jember di tingkat provinsi. “Jadi yang kami kirim ke tingkat provinsi yang juara satunya saja,” ujarnya.

Lomba desa/kelurahan tingkat provinsi akan digelar pada bulan Juni mendatang.

Sedang lomba gotong royong akan digelar pada bulan Oktober, bertepatan dengan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM). BBGRM sendiri akan dimulai pada bulan Mei. (achmad)

Bagikan Ke: