PENDIDIKAN

Manasik Haji Cilik untuk Tumbuhkan Rindu Rasulullah

Siswa SMP dan SMA Darus Sholah menjalani praktek haji. Manasik haji cilik ini untuk menumbuhkan rasa rindu kepada Rasulullah Muhammad SAW.

faktajember.com – Manasik haji cilik sangat bermanfaat bagi anak, terutama untuk menumbuhkan rasa rindu kepada Rasullallah Muhammad SAW.

Pembimbing manasik haji SMP Plus Darus Sholah, Tegal Besar, Jember, Achmad Dhyaa Ul Haqq menyampaikan hal itu di sela-sela latihan manasik, Kamis (23/8/18).

Achmad menuturkan, manasik haji cilik yang digelar di halaman masjid Darus Sholah ini juga diikuti oleh siswa SMA Unggulan BPPT Darus Sholah.

“Selain anak-anak SMP, disini juga diikuti anak SMA Unggulan BPPT Darus Sholah yang masih satu kesatuan dengan kami,” ujarnya.

Achmad juga menjelaskan pengajaran manasik haji akan dilakukan sedetil mungkin, termasuk lempar jumroh.

Sunah, rukun, dan wajib haji akan dipraktekkan juga agar kelak para siswa ini lancar saat menjalankan haji yang sesungguhnya.

“Kami disini akan mengajarkan sedetil mungkin agar nanti jika suatu saat anak-anak ini mendapat panggilan ibadah haji dari Allah bisa dijalankan dengan lancar. Mengenai lempar jumroh, sunah, rukun, dan wajibnya pun kami ajarkan semua,” ujarnya di halaman Masjid Darus Sholah.

Agung (16), salah seorang peserta manasik mengungkapkan, ia sangat senang memiliki kesempatan melakukan praktek tata cara melakukan ibadah haji ini karena lengkapnya alat pendukung praktek, salah satunya miniatur ka’bah yang megah.

“Alhamdulilah saya senang bisa praktek haji langsung seperti ini. Apalagi ada miniatur ka’bah nya yang bagus. Semoga suatu saat saya bisa menjadi haji sungguhan,” tuturnya. (feb)

Bagikan Ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.