Berita Terbaru covid-19

Terima Bantuan APD dari PT Petrokimia Gresik

Bupati Jember dr. Faida, MMR., Senin, 08 April 2020, menerima bantuan dari PT Petrokimia Gresik berupa alat pelindung diri (APD) untuk penanganan darurat COVID-19 di Kabupaten Jember.

APD yang diterima diantaranya masker, sarung tangan, coverall gown, sepatu boot, pelindung wajah (face shield), dan cairan cuci tangan.

Dalam kesempatan itu, bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada BUMN penghasil pupuk tersebut.

“Ini waktunya gotong royong. Apalagi di Jember memerlukan ekstra tambahan untuk alat pelindung diri,” ujar bupati.

“Memang banyak bantuan mengalir, tetapi karena jumlah yang bekerja dan juga yang merawat sangat  banyak, maka bantuan ini sangat berarti,” ungkapnya.

Kondisi saat ini diakui bupati membuat sulit untuk mencari pasokan APD. Karena itu, semua bantuan akan digunakan untuk kegiatan pencegahan penularan COVID-19 di Kabupaten Jember.

APD ini, lanjut bupati, karena berstandar maka akan difokuskan untuk petugas yang kontak dan melayani langsung pasien corona.

Selain itu, bupati menyampaikan kebutuhan masker bagi seluruh masyarakat Jember ketika keluar rumah, baik sehat maupun sakit.

Pemkab Jember sudah memberdayakan seluruh penjahit untuk dibagi menjahit masker. Ini memerlukan proses waktu, sementara masyarakat harus segera bermasker.

Disamoing itu, masih perlu menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa masker kain itu perlu dicuci. Bukan digunakan terus menerus. Empat sampai lima jam sudah harus dicuci dan diganti lagi.

“Kami akan membagikan masker kepada seluruh pedagang di pasar, agar mereka bisa tetap terjaga,” terang bupati.

Meski bermasker, masyarakat tetap harus menjaga diri. Tidak boleh ada orang yang meremehkan urusan COVID-19 ini.

“Karena kita ingin segera normal kembali, apalagi mau Ramadhan. Karena itu, kami melarang masyarakat untuk mudik. Yang di jember tetap berada di Jember. Warga Jember yang ada di luar kota tetap di kotanya. Sayangi keluarga dan saling menjaga,” pesannya.

Sementara itu, Pandika Hardono menyampaikan, bantuan tersebut adalah tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR yang disalurkan melalui Pemkab Jember.

“Seperti kita ketahui, APD sangat sulit sekarang, dan kami berusaha untuk membantu supaya Pemkab Jember ini dapat melayani masyarakat, khususnya yang sudah memiliki fasilitas isolasi supaya tetap bisa bekerja dengan baik,” kata staf Perwakilan Daerah Penjualan Jember PT Petrokimia Gresik.

“Harapannya, dengan adanya bantuan ini, supaya petugas yang dengan risiko kontak langsung dengan pasien COVID-19 bisa bekerja dengan aman, dan tetap memberikan layanan yang terbaik kepada Kabupaten Jember,” ujarnya. (mutia/hafid/*f2)

 

Bagikan Ke: