Berita Terbaru PERISTIWA SOSIAL Uncategorized WISATA

Sudah Kurang Produktif, Kebun Buah Naga Bakal Diubah Jadi Kebun Buah Kelengkeng

Lokasi Kebun Kelengkeng, Rembangan. Taken By : Choerus

Jember – Arahan Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU., tentang pentingnya Sinergi, Kolaborasi dan Akselerasi dalam upaya menumbuhkan kreatif, inovatif dan produktif tampaknya sedang dilakukan Dinas Pertanian Jember.

Hari ini, Rabu, 2 Februari 2022, Kepala Dinas Pertanian, Imam Sudarmaji menyampaikan bahwa kondisi kebun buah naga yang berada di Rembangan sudah sangat tua, lebih dua puluh tahun usianya, sehingga perlu terobosan dengan mengganti buah yang baru, usianya lebih muda, dan punya nilai jual yang tinggi.

Ir. Imam Sudarmaji, Kepala Dinas Pertanian. Taken By : Choerus

Imam juga menyampaikan rencana akan mengubahnya dengan tanaman kelengkeng, yang varietasnya ditemukan oleh tim peneliti dari Universitas Jember, dengan nama “Kelengkeng Jember Super”.

Penanaman buah kelengkeng itu nanti diharapkan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah atau PAD. Imam juga menguraikan kalau buah kelengkeng tersebut sudah bisa dipanen diusia 2 tahun, yang setiap pohonnya bisa berbuah sekitar 100-120 kilo gram, dengan harga ditingkat petani sudah mencapai 30 ribu/kilogramnya.

Selain itu, kebun itu juga akan dijadikan eduwisata atau edukasi wisata dan juga wisata petik buah kelengkeng ditempat. Yang paling menarik lanjut Imam, buah kelengkeng tersebut bisa dipanen sesuai keinginan. (Arya)

Bagikan Ke: