PENDIDIKAN

Pramuka Jalankan Peran Pendidikan Bela Negara

Moh Eksan memberikan piala pemenang umum Giat Pramuka Penegak Jatim 2017

Jember (Fakta Jember) – Pramuka saat ini sangat penting untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebab, organisasi ini berperan mengimplementasikan pendidikan bela negara.

Hal itu disampaikan Angota Komisi E DPRD Jawa Timur Moh. Eksan dalam upacara penutupan Giat Prestasi Penegak Se-Jawa Timur 2017 di lapangan IAIN Jember, Senin (24/04/2017).

“Pramuka adalah organisasi yang menjalankan fungsi pendidikan bela negara. Penanaman jiwa patriotisme, nasionalisme, kecintaan terhadap negara, kesetiaan terhadap Pancasila, kepatuhan terhadap UUD, dan komitmen menjaga NKRI diajarkan dalam pendidikan pramuka,” katanya.

Giat Pramuka Penegak diikuti 550 orang anggota pramuka dari berbagai kota di Jawa Timur. Penutupan rencananya oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf. Sebagai gantinya, Moh Eksan menjadi irup upacara.

Kegiatan tersebut digelar sejak 22 dan berakhir 24 April 2017. Berbagai perlombaan digelar. MA Al Islah Sumenep menjadi pemenang umum dalam kegiatan yang digelar 22 – 24 April 2017.

Moh Eksan juga menjelaskan gerakan pramuka sebagai gerakan penting bagi generasi muda. Terlebih organisasi ini mendapat pengakuan khusus dari negara.

“Organisasi ini dibentuk berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010. Pemerintah menaruh perhatian serius, menginginkan pramuka ke depan jauh lebih besar,” katanya.

Sesuai UU Nomor 12 Tahun 2010 Pramuka bertujuan untuk membentuk kepribadian, karakter, personalitas generasi muda.

“Pramuka diharapkan meningkatkan peran dalam pembentukan kepribadian yang tergerus berbagai persoalan,” kata Eksan. (mad)

Bagikan Ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.