KESEHATAN

BPJS Kesehatan Cabang Jember Bikin Point of Service di Pusat Perbelanjaan

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember Tanya Rahayu saat Public Expose Capaian Kinerja BPJS Kesehatan Cabang Jember

Jember ( Fakta Jember ) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Jember mengejar target cakupan semesta kepesertaan asuransi kesehatan tahun 2019. Berbagai inovasi dan terobosan telah dilakukan.

“Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan, berbagai inovasi dan terobosan dilakukan untuk dapat memenuhi target tersebut,” terang Tanya Rahayu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember, Selasa (22/08/2017).

Inovasi dan terobosan itu membuat Kantor Cabang BPJS Kesehatan di Jalan Jawa mulai sedikit pengunjung. Sebelumnya, banyak orang antri untuk mendaftar sebagai peserta.

“Pendaftaran melalui mitra kerja juga tengah dikembangkan dengan membuka Point of Service di pusat perbelanjaan seperti mall dan tempat perbelanjaan lainnya,” tutur Tanya saat kegiatan Public Expose Capaian Kinerja BPJS Kesehatan Cabang Jember di Kantor Cabang.

Sebelum point of service, banyak langlah yang telah dilakukan. Masyarakat yang sebelumnya mendaftar di Kantor Cabang, Kantor Layanan Operasional Kabupaten/Kota, Website, dan bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, kini pendaftaran dapat juga dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

Tak cukup sampai disitu, kini BPJS Kesehatan juga mengembangkan pendaftaran melalui Sistem Dropbox di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, Kantor Kelurahan, dan Kantor Kecamatan, Pendaftaran melalui PPOB/mitra kerja BPJS Kesehatan, melalui Kader JKN, serta pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN.

BPJS Kesehatan Cabang Jember berharap peran pemerintah daerah juga makin dioptimalkan baik dari sisi kualitas dan mutu pelayanan kesehatan, sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat.

Harapan lainnya, bisa bersama-sama memperkuat regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepesertaan JKN-KIS.

”Serta cakupan kepesertaan yang makin luas sehingga dapat terwujudnya Universal Health Coverage atau cakupan semesta di tahun 2019,” ujar perempuan enerjik ini. (mad)

Bagikan Ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.