KESEHATAN SOSIAL

Peduli Ibu Hamil, RS Citra Husada Gandeng Kelurahan Wirolegi Adakan Sosialisasi

Lurah Wirolegi, Muhammad Musthabiq Dzikril Malik, S.T., saat berikan sambutan diacara sosialisasi. Foto : faktajember.

Jember – Tingginya angka kematian ibu dan bayi tampaknya menjadi perhatian khusus Rumah Sakit Citra Husada Jember. Rumah sakit swasta yang berada di wilayah Gebang, Kecamatan Kaliwates tersebut bergerak cepat menggandeng Kelurahan Wirolegi. Hari ini Kamis, 16/3/23 bertempat di pendopo kelurahan Wirolegi menggelar sosialisasi terkait ibu hamil.

dr. Ni Putu Dewi Puspowati, petugas dari Rumah Sakit Citra Husada mengatakan, kalau kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian tim dari Rumah Sakit Citra Husada atas masih tingginya angka kematian ibu dan bayi. Dirinya akan memberikan pelatihan kepada kader dan beberapa petugas terkait pentingnya pemantauan perkembangan ibu hamil. Itu dilakukan sejak mereka sebelum nikah, nikah, proses kehamilan hingga melahirkan.

Pemantauan itu harus terus dilakukan agar dapat diketahui problem yang terjadi sejak dini.
Saat disinggung untuk siapa saja pelatihan itu diberikan, perempuan berdarah Bali itu mengatakan kalau pelatihan tersebut untuk kader kader pos yandu dan ibu hamil.

dr. Ni Putu Dewi Puspowati, “ini sinergi yang dibangun bersama Kelurahan Wirolegi Untuk Membantu Menekan Kematian Ibu dan Bayi”.

Selain itu Dewi juga menjelaskan, banyak ibu ibu hamil yang masih belum memahami pentingnya pemeriksaan ibu hamil, karena dengan begitu akan terdeteksi lebih dini persoalan yang ada.

“Ini kegiatan dari Citra Husada dari dokter spesialis kandungan, kita beri pelatihan pada kader pos yandu dan ibu hamil akan pentingnya pemeriksaan ibu hamil sejak dini, dan dilakukan monitoring secara terus menerus” ujarnya.

Sementara Lurah Wirolegi, Muhammad Musthabiq Dzikril Malik, S.T., dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan sinergi yang dibangun antara RS Citra Husada dan Kelurahan Wirolegi. Dirinya berpesan agar semua peserta pelatihan diharap memperhatikan dengan sebaik baiknya agar bisa menyerap ilmu yang diberikan pelatih, dan bisa bermanfaat untuk membantu pemerintah dalam menekan angka kematian ibu dan bayi.

“Alhamdulillah saya lurah Wirolegi, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersinergi hari ini, untuk peserta saya harap bisa mengikuti sampai tuntas, agar ilmunya bermanfaat membantu pemahaman kepada ibu ibu hamil, dan yang tujuannya untuk menekan angka kematian ibu dan bayi” ujarnya. (Arya)

Bagikan Ke: