EKONOMI

Virus Budidaya Ikan Nila Mulai Menebar, Warga Mulai Siap

Sujarno, bersama kolam budidaya ikan nilai miliknya. Foto by : Koko.

Jember – Pasca dimulainya Budidaya Ikan Nila oleh Ir. Samsul Arifin penggerak ke Wira usahaan RW 23 Klouncing, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, Minggu, 5/3/23, warga bereaksi dengan cepat, bahkan pengurus RW sebelah tak ketinggalan ingin mengetahui secara detail.

“Luar biasa pak respon warga mulai masuk melalui telephone, termasuk dari pengurus RW 03 yang berada di seberang lokasi budidaya” ujar ketua Idham Cholid Syahroni, Ketua RW 23/ Kloncing, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari.

Bahkan beberapa warga dari luar RW antusias ingin belajar lebih detail mulai merancang, penggaran, pelaksanaan, perawatan dan pasca panen hal ini disampaikan Idham Cholid Syahrani.

Selanjutnya dia sudah mengkoordinasikan dengan Pak Syamsul Arifin terkait rencana akan membentuk wadah koperasi di lingkup RW 23, nantinya, siapapun yang akan terlibat menjadi jaringan mendaftarnya melalui koperasi. Dan koperasi nanti yang membuat perjanjian dengan PT TMA, jadi koperasi nanti akan jadi induk dari para mitra yang ada.

Idham Cholid Syahroni, Ketua RW 23, Kloncing, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari. “lngin wujudkan wadah koperasi di RW 23”. Foto by : faktajember.

“Banyak yang komen dan minat, mereka tanya bagaimana cara jadi mitra, terus saya minta untuk datang dan isi formulir yang sudah disiapkan” urai nya.

“Sesegera mungkin pengurus RW nanti gelar rapat membahas langkah-langkah yang harus segera diambil termasuk membentuk wadah koperasi sebagai induk mitra yang ada” jelas Roni.

Sementara Sujarno, warga yang memutuskan mengikuti arahan P. Samsul mengaku senang dengan peluang yang diberikan, dia juga mengajak warga yang lain segera ambil bagian mumpung belum diambil peluangnya,dan gak perlu ragu.

Jarno juga menyampaikan akan membuat 10 petak lagi, dengan mengajak karibnya untuk terlibat aktif belajar budidaya ikan nila secara serius agar lebih produktif kedepannya.

“Saya senang sekali pak, karena pasarnya jelas, ada bimbingan dari tenaga ahli dari PT TMA, saya akan buat sepuluh petak lagi” ujarnya semangat.

Ditempat yang sama Siswan Edi Kurniadi (Iyek Koko) mengomentari program RW dibidang kewira usahaan itu mengaku menjadi kembali semangat untuk belajar beternak ikan. Menurutnya kali ini momen luar biasa buat saya, P. Jarno dan warga RW lainnya, kelak ini aka menjadi sumber penghasilan warga RW 23.

“Saya senang mas, ide cemerlang, diusia yang tidak muda ini saya akan terlibat aktif bersama yang lain menjadi mitra, semoga ini pintu sukses bagi dirinya, dan warga RW 23 semua ” ujarnya. (Arya)

Bagikan Ke: