KESEHATAN PEMERINTAHAN SOSIAL tom

Sumur Bor Se-Jatim Diresmikan di Jember

Jember, FaktaJember.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, sumber daya air termasuk di dalamnya air tanah adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri karena merupakan bagian yang cukup penting dalam menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari bagi mahkluk hidup di dunia.

“Pemerintah perlu mengupayakan pemanfaatan sumber air tanah melalui eksplorasi dan pembangunan sumur bor air tanah yang secara hidrogeologis masih memungkinkan dijumpai kandungan air tanah dalam jumlah cukup memadai,” kata Ignasius Jonan pada peresmian tujuh sumur bor di Kabupaten Jember yang dipusatkan di Desa Suci Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Sabtu (7/04/2018).

Ketujuh sumur bor tersebut terletak di Desa Karang Kedawung Kecamatan Mumbulsari, Desa Tamansari Kecamatan Mumbulsari, Desa Suci Kecamatan Panti, Desa Garahan Kecamatan Silo, Desa Sempolan Kecamatan Silo, Desa Manggisan Kecamatan Tanggul, dan Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo.

Peresmian ini menandakan bahwa sumur bor yang di bangun pada tahun 2017 di Kabupaten Jember tersebut dapat secara penuh digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Kali ini Jember menjadi tempat peresmian seluruh titik sumur bor yang ada di Wilayah Jawa Timur yang terpusat di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.

Menurut Bupati Jember, dr. Hj. Faida. MMR, pada tahun 2018 Kabupaten Jember mendapatkan tambahan 11 titik pembangunan Sumur bor. “Untuk kedepannya, kita sudah membicarakan sinergitas pusat dan daerah lebih lanjut untuk pembangunan Sumur bor dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS),” jelasnya.

“Untuk masalah perawatan sumur bor yang sudah jadi ini sementara di tanggung pusat, selanjutnya karena ini berkesinambungan, saya mendorong agar sumur bor ini di kelola oleh bumdes,” pungkasnya. (tom)

Bagikan Ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.