PEMERINTAHAN

RPP Sapu Jagad Dibatalkan, Kaum Disabilitas Bersyukur

Jember (fakta jember) – Dibatalkannya RPP Sapu Jagat disambut dengan rasa syukur oleh Kaum Disabilitas Kabupaten Jember.

Rasa Syukur yang diimplementasikan dengan acara Konferensi Pers mengawal janji pemerintah untuk penyusunan perlindungan dan pemenuhan hak penyandang Disabilitas yang inklusi di Pendopo Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember, Rabu 16/08.

Menurut Koordinator Sentra Advokasi Perempuan Difable dan Anak jember Riksi Saputra “Penyusunan Peraturan tentang Disabilitas pada awalnya tidak melibatkan penyandang Disabilitas ,sehingga ada gugatan secara tidak langsung dari beberapa Organisasi Disabilitas”ungkapnya.

Dari beberapa organisasi Penyandang Disabilitas menilai bahwa penyusunan peraturan yang tidak melibatkan Penyandang Disabilitas akan tidak sesuai dengan kebutuhan para Penyandang Disabilitas.

Hal itu yang terjadi pada RPP sapu jagat,bahwa segala sesuatu yang menyangkut tentang Disabilitas ditangani oleh Kementerian Sosial.

“Kalau semua terkait kebutuhan Disabilitas ditangani oleh Kementerian Sosial mulai dari pendidikan,kependudukan dan lainya,ini tidak mungkin bisa” Tambah Riksi Saputra.

Salah satu Penyandang Disabilitas Gozali 28 th,mengaku cukup senang dengan dibatalkan RPP Sapu Jagat,karena hak-hak hidupnya masih diakui oleh Pemerintah.(gio)

Bagikan Ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.