PEMERINTAHAN

“100 Hari Kerja” Ala Perumdam Tirta Pandalungan Jember

Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, bersama Direksi Perumdam Tirta Pandalungan, di acara Kick Of Meeting 100 Hari kerja. Foto By : Hairullah.

Jember – Direksi baru Perumdam Tirta Pandalungan menggelar “kick of Meeting 100 Hari Kerja”.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kinerja karyawan, produksi Perusahaan tersebut. Acara di hadiri Bupati Jember dan pejabat terkait di Hotel Luminor, Kaliwates Jumat 16/9/2022.

“Peserta yang hadir seluruh karyawan, terkecuali yang melakukan piket pelayanan seperti operator, tim reaksi cepat dan tim distribusi yang memperbaiki kebocoran, sedikitnya 210 karyawan yang hadir.” Terang Miftahur Ridho, Dirut Perumdam Tirta Pandalungan Jember melalui Andrias Warsito.

Menurutnya, Program seratus hari kerja (Red, Satus Dino Kerjo) Direksi, ada 10 point kerja. “Ada 10 program dalam program satus dino kerjo direksi yaitu :

1. Peningkatan Layanan Service Exellent, adalah program yang mengedepankan performa dan etika dalam melayani pelanggan secara prima.

2. Penyesuaian tarif Air Minum 2022. Penyesuaian ini atas persetujuan Bupati atau KPM dan Dewas untuk penerapan Full Cost Recovery agar operasional tetap berjalan dengan baik sebagai pengaruh atas adanya kenaikan harga bahan baku dan BBM.

3. Kemudahan pembayaran rekening air online yang lebih luas, yaitu adanya penambahan fitur QRIS dan Mobile banking dengan lebih menyeluruh mencakup berbagai perbankan dan Point Payment Online Bank.

4. Konservasi Unit Produksi, adalah program Go Green dengan sistem bio pori, Reboisasi dan Infiltration Well (Sumur Resapan) untuk mengurangi Run Off sebagai langkah menambah cadangan air dalam tanah serta mencegah bencana banjir.

5. Discount Nyaur utang, adalah program keringanan potongan pembayaran bagi pelanggan non aktif yang akan melakukan reaktivasi atau menjadi pelanggan kembali.” Imbuh Andreas.

6. Pemenuhan Dokumen bisnis (RISPAM, RENBIS, dan RKAP)

7. Transformasi Digital tahap 1, yaitu penyiapan database kepegawaian dan sistem aplikasi Web Based by Vendor

8. Relokasi unit bisnis Hazora, sebagai langkah mengurangi kost untuk efisiensi dalam memaksimalkan jumlah produksi dan mengurangi besarnya biaya transportasi.

9. Updating Tata Kelola Perusahaan,
Melakukan program study tiru untuk implementasi program dan sistem kinerja

10. Human Capital Treatment, adalah penyempurnaan culture company dan Maping Karyawan agar tercipta The Right Man on The Right Place yaitu penempatan SDM tepat sasaran guna (Penyesuaian kemampuan dengan tempat kerja).

Ditengah acara yang dilaunching Bupati sebagai KPM dalam pidatonya menyampaikan bahwa, sebagai putra daerah yang pernah ikut membangun perpipaan proyek air bersih pada tahun 1979 sampai 1983 menekankankan agar ada ekspansi pelanggan sehingga disetiap Kecamatan memiliki coverage area (cakupan pelanggan) untuk memenuhi target satus ewu pelanggan dan Perumdam Tirta Pandalungan dipersilahkan untuk mengadakan kolaborator dengan investor yang nantinya akan didukung penuh oleh Bupati karena menurut beliau dari jumlah penduduk 2.6 juta masih sangat kecil prosentasenya masyarakat Jember yang menggunakan air PDAM.

Acara Kick Off ini awalnya di sambut dengan kata pembuka oleh Direktur Umum Yudho R. Utomo dengan menyemangati peserta agar antusias mengikuti acara tersebut. Disela acara Direktur Utama Miftahur Ridho juga menampilkan sebuah video inspiratif yang mengisahkan seorang nahkoda kapal bersama timnya yang solid dalam satu komando berhasil menaklukkan ombak dengan kegigihan tim berjuang menghadapi kesulitan. Intisari video tersebut menyampaikan bahwa kesuksesan akan dicapai melalui kesulitan kesulitan atau rintangan yang bisa diselesaikan bersama dengan team work.

Dalam acara ini salah satu anggota Dewas Khairil Anwar juga menyampaikan Core Value Perumdam Tirta Pandalungan dengan Jargon Perumdam Beradab dengan Makna Amanah, Dedikasi, Akuntable dan Bijak. Acara ini ditutup dengan pemaparan 10 Program satus dino kinerja oleh Direktur Teknik Bagus Andi Puspito.

Menurut Andrias Warsito selaku Kabag Langganan seluruh program dari 10 program tersebut akan dilaksanakan step by step dengan progress target melalui monitoring dan evaluasi, sedangkan untuk target satus ewu pelanggan target adapun timingnya adalah dalam 5 tahun atau satu periode kepemimpinan tiga Direksi.

Untuk melayani dengan baik ada hal yang perlu diterapkan menurut Kabag langganan lagi, yaitu K4 (Kualitas, Kuantitas, Kontinyuitas dan Keterjangakauan), dari K4 tersebut juga perlu adanya balancing antara Supply dan Demand sehingga Input dan Output pelayanan Perumdam Tirta Pandalungan akan selalu berimbang. (Arya)

Bagikan Ke: