Berita Terbaru PEMERINTAHAN SOSIAL

Portal Faktajember : Dinsos Berkolaborasi Dengan BPPD Dan Relawan Atasi Bencana Longsor Sumberbaru

Helmi Lukman , Kepala Dinas Sosial Jember. ” Kita berkolaborasi dengan BPPD, Tagana dan Relawan Bencana Membantu Mengatasi Warga terdampak “. Foto By : faktajember

Jember – Ketenangan warga Jember, khususnya warga desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru sedikit terusik.

Bencana Tanah Longsor, yang terjadi di Dusun Krajan Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember, membuat dua rumah dan satu warung milik warga tertimbun tanah longsor, Minggu siang (16/10) kemarin.

Pemerintah Kabupaten Jember melalui BPPD Kabupaten bersinergi dengan dinas sosial dan relawan, juga tiga pilar (kecamatan / desa, TNI dan polri) langsung bertindak cepat membantu mereka yang terdampak.

“Tidak ada korban jiwa, hanya dua rumah dan satu warung milik warga tertimbun longsoran ” ujar Helmi Lukman, kepala Dinas Sosial Jember, diruang kerjanya, selasa, 18/10/22.

Dia mengatakan setelah mendapat laporan dari Tim reaksi Cepat BPPD Jember, pihaknya bersama Tagana dan unsur relawan langsung terjun ke lokasi ben Cana. Dia mengirim 13 orang Tagana, segera membentuk dapur umum, guna melayani lebih 150 orang yang bekerja membantu mengatasi bencana. Dia juga mengatakan, di lokasi bencana memang tidak padat penduduk, namun kondisi mereka rentan bahaya, karena kanan kirinya diapit tebing dan sungai.

” Jika dilihat dari jumlah penduduk tidak padat, namun beberapa rumah yang berada disekitar lokasi itupun sangat rentan, makanya kepada penduduk selalu dihimbau tetap waspada ” ujarnya.

Helmi juga menyampaikan pihaknya sudah membantu sembako dan kebutuhan sehari hari mereka, termasuk pakaian anak-anak. Sementara Neman (45 tahun), penduduk sekitar lokasi mengaku prihatin dengan kondisi mereka, beruntung BPPD dan Tagana buka dapur umum sehingga semua yang terlibat membantu bisa di support makan dan minuman ” ujarnya. (Arya)

Bagikan Ke: