PENDIDIKAN tom

Pendidikan Keluarga dapat Mengatasi Krisis Karakter Anak

Jember (Fakta Jember) – Keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak.

Karakter anak juga dipengaruhi faktor lingkungan masyarakat dan sekolah.

Oleh karenanya, kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat menjadi sangat penting untuk membangun iklim yang kondusif bagi perkembangan potensi anak secara optimal.

Hal itu disampaikan Warisno, S.Sos, M.Pd, Kasubdit Program dan Evaluasi Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, dalam Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Kabupaten Jember Tahun 2018, Selasa (17/04/2018), di Aula Hotel Bandung Permai Jalan Hayam Wuruk No. 38, Kabupaten Jember.

“Keluarga adalah Pendidikan yang pertama dan utama. Bahkan sejak dalam kandungan peran orang tua itu sangat strategis, ” jelasnya.

Menurutnya, Bimtek ini dilaksanakan agar satuan pendidikan lebih memahami tentang kebijakan teknis pelibatan keluarga dan masyarakat di satuan pendidikan dengan melaksanakan pertemuan antara wali/guru kelas dengan orang tua sebagai dukungan psikologi awal bagi anak.

Selain itu juga agar lebih memahami pentingnya pengasuhan positif serta pendidikan keluarga di era digital saat ini.

Dalam kesempatan ini, Heri Yudi Siswoyo, Ketua Panitia Bimtek menyampaikan kepada wartawan bahwa pendidikan keluarga harus lebih mengkedepankan sisi cinta dan kasih sayang dari pada tindakan emosional dan kekerasan.

“Untuk mengatasi kenakalan remaja, salah satunya yaitu dari keluarga. Sekolah cuma memfasilitasi pendidikannya saja, tapi pengawasannya ada di masyarakat dan keluarganya. Oleh karena itu Tiga pilar ini (sekolah, masyarakat, dan keluarga, Red.) harus bersinergi untuk mengentaskan masalah ini,” jelasnya.

“Sinergitas yg di perlukan yaitu selain pengawasan terhadap para remaja, tiga pilar ini harus memfasilitasi apa yang di butuhkan remaja dan berusaha mengarahkan remaja untuk menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya. (tom)

Bagikan Ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.