POLITIK

Pemilu 2019, Bawaslu Jember akan Tingkatkan Fasilitas untuk Difabel

Imam Thobrony Pusaka

faktajember.com – Kabupaten Jember terkenal dengan julukan ramah difabel, baik di segala bidang, difabel di Jember dipenuhi haknya dan diperlakukan sama seperti masyarakat pada umumnya. Untuk itu, Bawaslu Jember berencana pada pemilu 2019 mendatang akan meningkatkan pelayanan dengan TPS ramah difabel.

“Di pemilu 2019 nanti, kami akan meningkatkan fasilitas untuk difabel di seluruh TPS,” ujar Ketua Bawaslu Jember Imam Thobrony Pusaka, setelah mengisi acara Peningkatan Partisipasi Politik Elemen Masyarakat di Meotel jl.Karimata Jember, Jum’at 9 November 2018.

Thobrony mengatakan, difabel ini memiliki hak yang sama dengan masyarakat pada umumnya, yakni mengikuti pemilu dengan aman.

“Di pemilu kemarin sudah ada fasilitas untuk difabel. Dan untuk di pemilu 2019 mendatang, akan kami tingkatkan lagi,” ujarnya.

Masih kata Thobrony, mengikutsertakan difabel di acara Partisipasi Politik Elemen Masyarakat ini dinilai sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada para difabel.

“Jadi di kegiatan ini, saudara kita yang difabel ini bisa ikut serta menambah ilmu mengenai pemilu dan juga berinteraksi langsung dengan badan – badan pemilu,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 STAIN Jember Dr. H. Nur S, M.H mengatakan, kehadiran para difabel di acara ini sangat penting. Selain menambah wawasannya, juga bisa meningkatkan kepercayaan dirinya untuk mengikuti pemilu.

“Suara para difabel di pemilu ini sangat penting. Karena mereka juga warga negara Indonesia yang berhak memberikan suaranya,” tuturnya.

Nur juga berharap, kepada mahasiswa yang turut hadir, agar meniru semangat yang dilakukan para difabel yang selalu berusaha agar haknya di penuhi.

“Saya bangga dengan semangat para difabel ini. Mereka selalu semangat menyuarakan akan hak – haknya. Untuk itu saya harap, agar yang lainnya memperlakukan para difabel seperti masyarakat pada umumnya,” pungkasnya. (febie)

Bagikan Ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.