PEMERINTAHAN

Kecamatan Gumukmas Bersama Disdukcapil Jember Selenggarakan Layanan Perekaman KTP-El

Camat Gumukmas Nino Eka Putra menyempatkan berfoto bersama warga yang melakukan perekaman KTP El.

Fakta Jember – Kecamatan Gumukmas bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Cipil (Disdukcapil) Kabupaten Jember bekerja sama memberikan layanan perekaman administrasi kependudukan.

Layanan itu telah digelar dua hari. Pada Rabu dan Kamis, 15 dan 16 Maret 2023.

Camat Gumukmas Nino Eka Putra mengungkapkan, Disdukcapil sebelumnya memberikan informasi bahwa di Kecamatan Gumukmas banyak warga yang belum melakukan perekaman.

Informasi itu kemudian ditindaklanjuti dengan berkoordinasi melalui surat untuk menyelenggarakan pelayanan perekaman adminduk.

“Data banyaknya warga belum perekaman tersebut kami terima dari Disdukcapil Jember. Karena itu, kami mencoba untuk berkoordinasi untuk melakukan kegiatan perekaman ini,” terang Camat Nino Eka Putra.

Hari pertama perekaman berlangsung di kantor Desa Gumukmas dan berlanjut pada hari kedua di kantor Kecamatan Gumukmas.

Menurut pantauannya, beberapa masyarakat yang mengikuti perekaman sudah berusia lanjut.

Mereka sebelumnya diketahui sebagai perantau. Beberapa diantaranya juga karena tidak ada yang mengantar, rumahnya jauh, rumahnya di daerah terpencil, dan lansia itu juga tidak bisa mengakses informasi apapun.

Beberapa waktu terakhir, terutama semenjak adanya Covid-19, banyak bantuan yang salah satu persyaratannya adalah memiliki identitas kependudukan.

“Sejak itulah banyak lansia, banyak orang-orang yang tidak terakses dengan dunia luar itu menjadi butuh. Karena banyaknya bantuan dari pemerintah,” jelasnya.

Perekaman di Kecamatan Gumukmas diharapkan mengurangi jumlah masyarakat Gumukmas yang masih belum memiliki KTP.

Pihaknya juga berharap ada peningkatan jumlah pengguna KTP digital atau IKD di Kecamatan Gumukmas.

“Ketiga, kami berharap Kecamatan Gumukmas bisa mendapatkan alat rekam yang baru, sehingga warga kami Kecamatan Gumukmas tidak perlu jauh-jauh ke Dispenduk atau ke Kecamatan Kencong,” harapnya.

Terpisah, Agus Syaifurrohman mengaku baru kali ini perekaman. “Sebelumnya belum pernah, karena saya merantau di Papua dan Sulawesi selama bertahun-tahun,” ungkapnya.

Ia tidak lagi menjadi perantau sejak istri tercintanya meninggal dunia.

“Setelah direkam saya tidak lagi khawatir karena sudah ada KTP,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Turi mengaku layanan Disdukcapil di kantor kecamatan sangat memudahkan warga.

“Kalau begini lebih enak ya, lebih dekat. Tidak perlu jauh-jauh ke Jember. Saya dari Desa Menampu datang ke sini untuk bisa direkam,” ujarnya.

Ia menyebut petugas yang melayani bersikap ramah. Pelayanan juga cepat. “Terima kasih Dispenduk, saya sudah direkam,” ucapnya. (achmad)

 

 

Bagikan Ke: