SOSIAL

Pasca Pandemi Semangat Berqurban Kembali Meningkat

Hewan qurban di Masjid Baitul Mutaqin Jl. Jawa, 2 Ekor Sapi, 15 ekor kambing.

Jember – Hari raya qurban tahun ini menjadi awal kebangkitan semangat kaum muslimin, khususnya di Jember untuk berqurban. Ini terlihat dari jumlah qurban yang terkumpul di beberapa Masjid terdapat kenaikan, walau ada juga beberapa yang berkurang.

Di Masjid Al ikhlas Sadengan misalnya, tahun lalu jumlah hewan qurban yang terkumpul ada 1 ekor sapi, dan 5 ekor kambing. Namun tahun ini ada 1 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Peningkatan jumlah qurban ini salah satunya disebabkan, kembali bergairahnya perekonomian sehingga warga lebih banyak berqurban.

Anto (25 tahun), salah satu panitia qurban membenarkan jika tahun ini ada kenaikan jumlah hewan qurban, dan ini bisa menjadi penyemangat semua panitia. Saat ditanya apa justru gak payah kalau semakin banyak yang di potong, bapak satu anak ini justru mengatakan sebaliknya.

“Ya malah membuat semangat mas, karena disini kompak dan semua dikerjakan dengan tuntas” ujarnya.

Di Masjid Baitul Mutaqien, Jl. Jawa, tahun ini ada tambahan beberapa ekor kambing, kalau sapinya tetap 5 ekor, kambingnya menjadi 15 ekor. P. Sholeh kepada www. faktajember.com mengatakan, Alhamdulillah tahun ini ada peningkatan jumlah hewan qurban. Dan panitia akan mendistribusikan ke warga sekitar, baru kalau warga sudah terpenuhi, daging akan di bagi kemasyarakat yang lebih membutuhkan, walau untuk daging qurban orang cukup juga boleh menerima.

“Alhamdulillah mas, tahun ini semakin bergairah, semangat berqurban kembali bergairah, semoga kedepan rezeki warga semakin banyak sehingga lebih banyak lagi yang berqurban” ujarnya.

Kusnoto (46 tahun), warga Jalan Karimata bersyukur, dapat kupon untuk pengambilan daging, semoga Allah terima ibadah qurban mereka. (Arya)

Bagikan Ke: