Berita Terbaru EKONOMI Event

Gandeng Dinas Koperasi Kelurahan Antirogo Edukasi UMKM Agar Lebih Berdaya

Batik Ecoprint, salah satu produk UMKM Kelurahan Antirogo

Jember – Tak ada usaha tanpa hasil, itu kata kata bijak yang disampaikan Lurah Antirogo, Asrofin, kepada wartawan yang menemuinya di ruang kerjanya, Jumat, 18 Maret 2022.

Dalam menindaklanjuti arahan bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU., Asrofin fokus untuk melakukan pemberdayaan UMKM. Dia melakukan jemput bola mendata pelaku UMKM yang ada di wilayahnya.

Asrofin menyampaikan, untuk menggarap surat keterangan usaha bagi pelaku UMKM dirinya berkaborasi dengan dinas koperasi, hasilnya ditahap awal sedikitnya 47 UMKM yang sudah terdaftar dan memperoleh surat keterangan usaha (SKU) dari dinas koperasi.

Selain itu, dia juga bersama PKK kelurahan juga melakukan Pelatihan ecoprint kepada pelaku UMKM, yang latihannya di Ambulu. Ini dilakukan agar mereka nantinya memiliki keahlian membuat batik, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan mereka.

Saat disinggung tentang apa kendala yang dihadapi saat mengedukasi pelaku UMKM diwilayahnya, dia mengatakan minimnya pemahaman para pelaku UMKM akan pentingnya dan manfaat surat keterangan usaha. Mereka masih berasumsi kalau SKU itu hanya cukup di kelurahan, padahal tidak.

Lurah Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Asrofin.

“Ya ini menindak lanjuti arahan bapak bupati terkait kreatif, inovatif dan produktif, dan kami fokus edukasi akan pentingnya SKU bagi pelaku UMKM, dan nanti untuk yang lain akan di bantu oleh Bidang Produksi Usaha Mikro, dari Dinas Koperasi” ujarnya. (Arya)

Bagikan Ke: