Berita Terbaru

Wabup Ajak Senantiasa Ingat Jasa Pahlawan dan Mengisi Kemerdekaan

Seiring mentari pagi menghangatkan Bumi Pandhalungan, Sabtu, 17 Agustus 2019, ritual tahunan untuk mendoakan arwah para pahlawan dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Patrang.

Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief turut dalam rangkaian momen memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 itu.

Upacara Ziarah Nasional ini dipimpin oleh Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf. Laode M. Nurdin. Sejumlah pejabat dari pemerintahan, militer, dan kepolisian juga hadir  dan mengikuti dengan hidmat.

Prosesi tabur bunga diawali dengan peletakan karangan bunga di tugu TMP. Setelah itu, semua pejabat dan peserta ziarah menabur bunga di makam-makam para pahlawan.

Usai ziarah, Wabup dan Dandim memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan yang mewawancarai.

Wabup  menyampaikan, kita harus senantiasa mengingat jasa-jasa para pahlawan. “Tanpa jasa-jasa mereka, kita tidak bisa melakukan apa-apa pada saat ini, ” kata Wabup.

Hal yang penting, kata Wabup, perjuangan para pahlawan itu belum selesai. “Pejuang yang telah gugur hanya mengantarkan ke pintu gerbang kemerdekaan. Nah, setelah pintu gerbang itu adalah tugas kita untuk mengisi kemerdekaan,” tutur Wabup.

Generasi penerus, lanjut Wabup, harus mengenal sejarah perjuangan bangsanya. Tanpa mengenal perjuangan bangsa, tidak mungkin mereka mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebenarnya.

Wabup pun mengajak semua pihak untuk menggelorakan dalam mengenang jasa para pahlawan dan semangat berjuang, karena perjuangan belum yaitu mengisi kemerdekaan.

Komadan Kodim 0824 Jember Letkol Inf. Laode M. Nurdin mengatakan, ziarah nasional ini merupakan kegiatan yang berlangsung secara nasional untuk mendoakan arwah para pahlawan.

“Ini merupakan wujud nyata kita sebagai manusia untuk mendoakan, sehingga jasa-jasa para pahlawan dapat diterima di sisi Allah SWT,” imbuh Dandim.

Dengan berziarah, lanjutnya, bisa mengetahui perjuangan para pahlawan yang sangat besar, dan kita harus melanjutkan dengan mengisi kemerdekaan, ” pungkasnya. (izza/*f2)

 

 

Bagikan Ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.