PENDIDIKAN rif

UNIVERSITAS JEMBER TERAPKAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS ONLINE

Jember, Faktajember.com – Universitas Jember sebagai salah satu Universitas terbesar di Jember, mulai Menerapkan Metode Pembelajaran Online yang lebih ngetren dengan sebutan E-Learning. Penerapan metode pembelajaran ini mengacu kepada kebijakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang akan mengembangkan dan memperluas E-Learning di perguruan tinggi guna memudahkan mahasiswa dalam perkuliahan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Rektor Unej Moh. Hasan disela sela aktifitasnya (12/2/18).

“Sesuai petunjuk Menristekdikti, guna meningkatkan Kwalitas dan Pengembangan Perguruan tinggi Maka diwajibkan melakukan metode pembelajaran berbasis online system atau E-Learning, sehingga diharapkan nantinya baik Dosen dan Mahasiswa lebih melek IT karena ini merupakan jawaban atas kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, mau tidak mau harus kita ikuti perkembanganya” ujarnya.

Hal Senada disampaikan Kepala LP3M Unej Akhmad Taufiq, dia menjelaskan, pentingnya penerapan sistem pembelajaran secara online atau E-Learning.

“penerapan E-Learning memungkinkan proses belajar mengajar dilakukan dimana saja, borderless, classroomless dan paperless sehingga mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan dimana saj, asalkan dia terkoneksi dengan Internet ” terangnya.

Taufik Menambahkan, Unej Sendiri melalui UPT IT Sudah mulai berbenah menyiapkan sistem dan sarana pendukung guna menerapkan Metode Pembelajaran berbasis E-Learning ini ” Untuk menerapkan E-Learning ini kita akan lakukan secara bertahap, Mulai Pengenalan, Pelatihan, Praktek Baik kepada Dosen ataupun Mahasiswa, untuk kemudian kita terapkan seterusnya” imbuhnya.

Diharapkan dengan pembelajaran E- Learning di Universitas Jember ini dapat meningkatkan dan mengoptimalkan softskill dan hardskill baik dosen atau mahasiswa, sehingga nantinya baik dosen ataupun mahasiswa bisa melek IT, pungkasnya. (rif)

Bagikan Ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.