PEMERINTAHAN

Sekdes Ikut Sekolah Desa Cerdas

Sumbersari – Bupati Jember Hendy Siswanto membuka kegiatan Sekolah Desa Cerdas untuk Sekretaris Desa (Sekdes). Kegiatan ini beker jasama dengan Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember, Rabu, 8 September 2021.

Program Sekolah Desa Cerdas ini merupakan inisiasi dari P2EKLM (Pusat Pengembangan Ekonomi Kreatif & Layanan Masyarakat) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmuh Jember dalam membantu Pemkab Jember.

Hendy menyampaikan, membangun Kabupaten Jember harus dilakukan semua pihak. Dia menegaskan Pemkab Jember siap berkolaborasi dengan siapapun, termasuk pihak perguruan tinggi.

“Kalau SDM perangkat desanya berkualitas, tentunya program desa yang dihasilkan nantinya juga berkualitas,” ungkap Hendy.

Hendy juga mengatakan kepada 28 sekretaris desa yang hadir secara luring, Sekdes merupakan motorik penggerak utama.

“Apabila pembangunannya bagus, masyarakatnya juga ikut bagus,” sambungnya.

Dari 2,5 juta masyarakat Jember, 70 persen merupakan masyarakat desa yang mempunyai potensi luar biasa.  Sekdes harus mempunyai daya dorong untuk menggali kekayaan alam dan Sumber Daya Manusia,

“Jangan sampai salah langkah dan salah program, Sekdes harus bisa membaca potensi dari desanya,” pesannya.

Sementara Rektor Unmuh Jember Hanafi berujar, program Sekolah Desa Cerdas merupakan salah satu kewajiban dari tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“Di samping yang lainnya adalah pendidikan dan penelitian. UM Jember sangat mendukung dengan menyediakan SDM yang ada,” ungkap Hanafi.

Hanafi berharap program ini memberikan dampak positif bagi pembangunan desa di Kabupaten Jember. (achmad)

Bagikan Ke: