Berita Terbaru

Portal Faktajember : Progres Giling Tahun 2022 PTPN X Telah Lampaui Target

Proses Pemurnian. Foto by : Eva

Surabaya – Tahun 2022, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X memberikan kontribusi
optimal dan terbaiknya dalam mendukung terwujudnya Program Strategis Nasional yaitu
Program Revitalisasi Industri Gula Nasional.

Integrasi Gula Nasional ini merupakan solusi untuk mendukung Ketahanan Pangan Nasional melalui target peningkatan produksi gula menjadi sebesar 2,6 Juta ton pada tahun 2030.

Dukungan nyata ditunjukkan oleh PTPN X pencapaian target produksi di tahun 2022. PTPN X sendiri menargetkan tebu digiling sejumlah 4,2 Juta ton, yang sampai dengan 24 Oktober 2022 telah terlampaui sejumlah 4,46 Juta Ton. Selain jumlah tebu digiling, PTPN X juga berhasil mencatatkan prestasi di sisi luas areal tanam tebu, produktivitas, dan jumlah produksi gula total dibandingkan empat tahun terakhir. Sedangkan untuk angka rendemen, PTPN X optimis mampu memenuhi target sesuai RKAP meskipun berada dalam Musim La Nina.

“Berdasarkan data tanggal 24 Oktober 2022, luas areal tanam mencapai 52.676 Ha dengan produktivitas mencapai 84,6 Ton/Ha dan jumlah produksi gula 307.124 Ton,” ujar Tuhu Bangun, Direktur PTPN X.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk melampaui target produksi tersebut mulai dari perluasan Tebu Sendiri (TS), Pengamanan Tebu Asli Daerah (TAD), hingga pemenuhan saprodi. Tahun 2022 ini ditargetkan perluasan lahan akan mencapai 422 Ha melalui program Agroforestry dan 535 Ha melalui Kerjasama Usaha dan Sewa Lahan.

“Adanya penambahan lahan TS ini akan meningkatkan jumlah pasok tebu juga ke pabrik gula milik PTPN X,” tegas Tuhu Bangun.

Upaya selanjutnya yaitu melalui pengamanan Tebu Asli Daerah (TAD), dengan cara menambah sarana pendukung tebangan, pemberian program-program pendukung untuk petani, meningkatkan keterikatan dengan petani melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), dan penerapan Sistem Pembelian Tebu (SPT) berbasis kualitas.

Upaya terakhir adalah peningkatan produktivitas tebu dan rendemen melalui pemberian subsidi benih dan introduksi varietas baru di pabrik gula, penjaminan pupuk Tebu Rakyat (TR) melalui Program Makmur bersinergi dengan Petrokimia Gresik, danvmemperbaiki manajemen Tebang Muat-Angkut (TMA). (**)

Bagikan Ke: