KESEHATAN

Persalinan Gratis untuk Tekan Angka Kematian Ibu Melahirkan

Bupati Faida

faktajember.com – Komitmen Pemerintah Kabupaten Jember untuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) terus diupayakan.

Hal itu disampaikan Bupati Faida dalam dalam acara sosialisasi Studi Every Mother and Newborn Count (EMNC) di pendopo Wahyawibawagraha, Senin 8 Oktober 2018.

Menurut Faida, dengan adanya program satu desa satu ambulans dan pembiayaan persalinan gratis untuk seluruh ibu yang melahirkan di Kabupaten Jember dapat menekan angka kematian ibu melahirkan.

“Dengan pembiayaan gratis untuk persalinan seluruh ibu melahirkan di Kabupaten Jember ter-cover oleh asuransi kesehatan dengan anggarana PPID Kabupaten Jember mudah-mudahan lebih efektif dalam menekan angka kematian ibu melahirkan,” harapnya.

Penyebab kematian ibu melahirkan di Kabupaten Jember, jelasnya, salah satunya yakni eklamasi, pendarahan, jantung, sepsis atau infeksi dan HIV Aids.

Sementara untuk tahun 2018 penyebab utama kematian ibu melahirkan adalah faktor pendarahan.

“Untuk Tahun lalu penyebab utamanya adalah Eklamasi sedangkan untuk tahun ini (2018) lebih dominan pada pendarahan,” ujarnya.

Dari data tahun 2016 sampai 2018, angka kematian ibu melahirkan di Jember terus mengalami penurunan. Kematian karena faktor pendarahan tahun 2016 ada 12 orang dan tahun 2017 ada 12 orang sedangkan untuk 2018 ada 11 orang. (umam)

Bagikan Ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.