EKONOMI

Kerja Sama Kembangkan UMKM Jember

Kaliwates – Bupati Jember Hendy Siswanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember Hestu Wibowo, Direktur Politeknik Negeri Jember Saiful Anwar, serta Kepala BNI Cabang Jember meneken kerjasama pengembangan UMKM Jember.

Penandatangan kerjasama berlangsung di Aula Serbaguna Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Sabtu 28 Sgustus 2021.

Geber UMKM ini diinisiasi oleh BI Jember bekerja sama dengan berbagai pihak. Tujuan utama kerja sama itu untuk mendampingi UMKM agar terus eksis serta berkembang mengikuti perkembangan zaman yang semakin digital.

Tak tanggung-tanggung, dalam program ini BI Jember juga telah menyiapkan pasar domestik maupun mancanegara bagi para pelaku UMKM.

Beberapa pendampingan yang diberikan meliputi teknik pemasaran, memberikan nilai pada produk, pemanfaatan media digital untuk kemajuan UMKM, sistem pembayaran secara digital dengan QRIS dan banyak lagi lainnya.

“Ini keren, program sangat bagus, mendampingi UMKM sebagai penopang utama perekonomian Indonesia, sarana dan prasaranya sudah disediakan melalui program ini, tinggal bagaimana temen-temen pelaku UMKM memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal,” ungkap Hendy.

Adapun tahapan pengembangan dimulai dari onboarding UMKM, peningkatan produksi, business matching, memfasilitasi sertifikasi serta pengenalan produk. (achmad)

Bagikan Ke: