PEMERINTAHAN PERISTIWA

Camat Kirim Tiga Surat Pasca Banjir di Bangsalsari

Camat Kirim Tiga Surat Pasca Banjir di Bangsalsari

Camat Bangsalsari Murtadlo membersihkan sisa sisa banjir yang melanda Ponpes Ar-Rosyid

Jember (Fakta Jember) – Camat Bangsalsari Murtadlo mengirim tiga surat ke Pemkab Jember pasca banjir yang melanda Kecamatan Bangsalsari, Rabu malam (17/1/2018).

“Pertama laporan kepada Bupati. Kedua, pengajuan normalisasi sungai dan pembuatan tangkis sungai. Ketiga, permohonan sembako bagi seluruh korban banjir ke Dinas Sosial,” kata Murtadlo, Senin (22/1/2018).

Banjir melanda sebagian besar Kecamatan Bangsalsari akibat hujan yang disertai angin kencang sejak Rabu siang hingga malam. Selain genangan air, banjir terjadi akibat luapan Sungai Berantas

Pondok Pesantren Ar Rosyid mengalami kerusakan akibat banjir dari luapan sungai. Arus yang kuat menyebabkan tembok bagian belakang jebol.

Air pun masuk ke kamar kamar santri. “Sempat ada dua santriwati dan nyai sepuh yang terjebak di dalam kamar, tapi masih sempat diselamatkan, ” tutur KH. Aminnullah, pengasuh Ponpes Ar-Rosyid.

Semua barang – barang yang ada di ponpes Ar-Rosyid seperti barang elektronik, alat dapur, kitab – kitab santri, pakaian santri, dan buku – buku di perpustakaan terbawa air luapan Sungai Berantas.

Murtadlo mengungkapkan rasa syukur karena tidak sampai jatuh korban jiwa.

 

Banjir luapan sungai ini juga mengakibatkan dinding penahan di Ponpes MHI di Dusun Kedungsuko, Desa Bangsalsari, jebol.

Banjir menggenangi rumah rumah warga hampir seluruh Kecamatan Bangsalsari.

Murtadlo merinci, ada 24 rumah terendam banjir di Desa Petung, Desa Tisnogambar 40 rumah, Desa Bangsalsari 15 rumah, dan di Desa Sukorejo ada 50 lebih rumah warga terendam banjir.

“Bahkan di Desa Tugusari ada salah satu proyek dari DD yaitu proyek jalan lapen yang tergerus habis oleh banjir,” tutur Murtadlo.

Untuk mengatasi bencana tersebut, pada hari jum’at (19/1/2018) Camat Bangsalsari mengerahkat seluruh muspika dan pegawai staff kecamatan untuk membantu membersihkan lumpur dan sampah sisa – sisa banjir yang ada di dalam Ponpes Ar-Rosyid.

Camat berharap Pemkab Jember bisa segera memberikan bantuan yang dibutuhkan untuk korban banjir ini. (tom)

Bagikan Ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.