PEMERINTAHAN

Bupati Faida Targetkan AKIP 2020 Mencapai Nilai BB

faktajember.com

Jember Kota – Bupati Jember Faida menargetkan nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (AKIP) Kabupaten Jember pada tahun 2020 dapat meningkat menjadi BB, dari sebelumnya B.

“Setiap tahun sudah naik, maka diharapkan tahun ini juga ada kenaikan sesuai target, minimal BB,” ungkap bupati.

Itu disampaikan bupati usai evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) secara daring bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Pendapa Wahyawibawagraha, Kamis, 10 September 2020

Menurut bupati, adanya evaluasi SAKIP bisa mengalokasikan anggaran untuk kegiatan-kegiatan yang menaikkan indikator kinerja di masing-masing organisasi perangkat daerah atau OPD.

Beberapa anggaran yang sudah lebih dari yang diperlukan, dapat dialihkan atau di refokus ke kegiatan lain. “Karena beberapa target telah melampaui target seratus persen,” ungkap bupati.

Diantaranya, indeks kualitas lingkungan hidup. Target pada tahun 2019 sebesar 67,86 persen, dan terealisasi sebesar 70,42 persen. Capaiannya oun tinggi, yakni 103,77 persen.

Evaluasi SAKIP itu diikuti oleh OPD terkait yang mendapat prioritas evaluasi dan paparan dari evaluator Kemenpan RB.

“Kami semua bersungguh-sungguh untuk memperbaiki apa yang kita kerjakan sekarang. OPD yang hadir untuk diharapkan merespon dengan sebaik-baiknya paparan yang diberikan agar selanjutnya lebih baik,” pesan bupati. (achmad)

Bagikan Ke: