Bupati Minta Wartawan Dampingi OPD Reviewed by Momizat on . [caption id="attachment_26782" align="aligncenter" width="1280"] Bupati Jember Faida bersama pengurus FWLM Jember berpose usai dialog[/caption] faktajember.com [caption id="attachment_26782" align="aligncenter" width="1280"] Bupati Jember Faida bersama pengurus FWLM Jember berpose usai dialog[/caption] faktajember.com Rating: 0

Bupati Minta Wartawan Dampingi OPD

Bupati Jember Faida bersama pengurus FWLM Jember berpose usai dialog

faktajember.com | Pemerintahan | 01 Pebruari 2019 | 22:15 WIB

Jember Kota – Bupati Jember Faida meminta wartawan anggota FWLM untuk mendampingi pemerintah dalam pemberian informasi kepada masyarakat secara cepat dan akurat sesuai fakta.

Bupati menyarankan agar wartawan bisa menjadi mitra pemberitaan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Jember dalam menyajikan informasi kepada masyarakat luas.

Ini disampaikan Bupati dalam pertemuan dengan pengurus Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Jember, Jum’at 1 Februari 2019, di ruang Tamyaloka Pendapa Wahyawibawagraha.

Meski demikian, lanjut Bupati, wartawan tetap dengan idealismenya dalam membela kebenaran. Membela kebenaran dengan menulis kebenaran itu. “Tulislah kebenaran, ungkaplah kebenaran,” tuturnya.

Terkait pemberitaan OPD, Bupati menjelaskan setiap wartawan yang memiliki kompetensi keahlian tertentu bisa mendampingi OPD sesuai keahlian itu.

“FWLM menggali informasi masing-masing OPD ini, keahliannya apa,” ujar perempuan bupati pertama di Jember ini. Dengan demikian, pemberitaan OPD lebih mudah didapat masyarakat dan masyarakat lebih cepat mendapatkan informasi.

Selain itu, wartawan diharapkan mampu memberikan ilmunya kepada generasi milineal, karena generasi milineal juga memerlukan ilmu jurnalistik.

Generasi milineal ini, lanjut Bupati, akan ditempatkan di beberapa desa atau posisi tertentu untuk pemberitaan di wilayah-wilayah se-Kabupaten Jember.

Sementara itu, Ketua FWLM Ihya Ulumiddin menegaskan siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember untuk ikut membangun Kabupaten Jember tercinta.

“Kita ingin membangun Jember dari karya jurnalistik kita. Kita juga ingin memberikan hal positif, edukatif, dan informatif, serta bisa menginformasikan potensi Jember di Indonesia bahkan dunia,” kata pria yang akrab dipanggil Udik ini.

Udik yang didampingi sejumlah pengurus lainnya menjelaskan sejarah terbentuknya FWLM, yang berawal dari seumlah aktifitas liputan bersama berbagai media di Jember. Forum ini berupaya untuk membentuk wartawan yang profesional dan mengubah pandangan terhadap wartawan.

Sejak dibentuk pada tahun 2014, lanjutnya, forum telah melaksanakan sejumlah kegiatan. Seperti seminar, diskusi, serta diklat jurnalistik untuk meningkatkan kompetensi, dan kegiatan lainnya. Forum saat ini juga telah memiliki legalitas hukum.

Anggota Ombudsman FWLM Gangsar Widodo menambahkan, forum memiliki tujuan baik untuk menciptakan kualitas jurnalistik yang mumpuni pada seluruh anggota.

Karena itu, forum siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember untuk menginformasikan program-program pemerintah. “Forum juga siap mengedukasi masyarakat melalui berita yang sehat dan akurat,” terang Pimpidan Redaksi Fakta Jember ini.

Sementara itu, anggota Ombudsman FWLM lainnya, M. Rully Efendi, menyampaikan, selama empat  tahun berdiri forum tetap memegang idealisme dalam jurnalistik.

“Kita sudah bertemu Bupati, bukan berarti kita medianya Bupati. Seperti yang dikatakan Bupati Faida, kita harus menjadi media yang tegak lurus,” ucapnya. Menjadi medianya Jember untuk mengenalkan potensi Jember. (achmad)

Leave a Comment

© 2016 Fakta Jember | Berita Fakta Jember Raya

Scroll to top